(Bandung) Pembangunan ekonomi di Indonesia disadari semakin tahun terus mengalamu pertumbuhan yang positif. Walaupun sekarang ini mengalami masa sulit akibat dari pendemi covid-19, ekonomi Indonesia terus berjuang untuk naik dan tumbuh. Hal ini, disadari perlunya keterlibatan semua pihak baik pelaku ekonomi maupun regulasi yang mengaturnya. Pemerintah senantiasa berusaha hadir sebagai pendorong/motor penggerak ekonomi terutama bagi pengusaha kecil, mikro dan menengah (UMKM). Kementerian Koordinator Perekonomian RI sebagai koordinator bagi regulasi pemerintah dibidan ekonomi melalui program literasi keuangan terus menerus memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya pendidikan ekonomi bagi masyarakat kecil untuk meningkatkan taraf hidupnya.

Kementerian  Koordinator Perekonomian RI mengembangkan program edukasi dan literasi keuangan syariah berbasis pondok pesantren. Hal ini, dikarenakan pentingnya peran serta lembaga pendidikan khususnya pondok pesantren dalam menggerakkan roda ekonomi masyarakat di lingkungannya. Apalagi, selama ini pondok pesantren menjadi tempat pendidikan yang berbasis Agama Islam , dimana Islam mengajarkan untuk selalu berusaha meningkatkan taraf hidupnya di dunia ini.

PT Jaminan Pembiayaan Askrindo Syariah merupakan perusahaan penajminan pembiayaan berbasis syariah, turut berpartisipasi dan aktif dalam membantu program Kemenko Perekonomian RI yaitu bidang edukasi dan literasi keuangan syariah berbasis pondok pesantren.  Askrindo Syariah sangat mendukung apalgi sesuai dengan bidangya yaitu penjaminan pembiayaan dimana masyarakat membutuhkan pembiyaan dalam rangka peningkatkan usahanya.

Kementerian Koordinator Perekonomian RI melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Implementasi  Ekosistem Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Berbasiskan Pondok Pesantren dalam rangka Persiapan Kunjungan Bapak Menko Perekonomian di Pondok Pesantren Al Ittifaq Kabupaten Bandung. Acara ini berangsung pada tanggal 10 September 2020 bertempat di Hotel Grand Mercure Lengkong Bandung. Acara ini merupakan awal dari persiapan pelaksanaan kunjungan Menko Perekonomian RI di Bandung nantinya, sebagai bentuk edukasi dan literasi keuangan syariah. Askrindo Syariah dihadiri langsung oleh Direktur Utama Bapak Soegiharto yang didampingi oleh Kepala Cabang Askrindo Syariah  Bandung Bapak Tommy.