Fokus Adalah Kunci Kesuksesan

06 Januari 2022
7 Suka   752 Baca

Fokus adalah sebuah kata yang sering banyak orang gunakan dalam menyampaikan suatu maksud tertentu.

Fokus adalah sebuah kata yang terkadang kita sering lupa akan makna dari kata itu sendiri, karena begitu banyak rencana yang ingin dijalankan atau luput dari perhatian karena kesibukan  yang mendera dari waktu-waktu  yang semakin menjauhkan dari makna kata fokus itu sendiri.

Fokus dalam KKBI adalah pusat titik perhatian dari sekian banyak titik-titik lainnya atau dari sekian banyak titik terdapat salah satu  titik yang menjadi sasaran atau target yang telah ditetapkan  untuk diwujudkan.

Dengan demikian dalam suatu pekerjaan apapun kata fokus dapat disandingkan  menyertai kata kerja apapun sebagai penekanan dalam suatu aktifitas atau hal yang harus diperhatikan untuk memperbaiki proses selanjutnya.

Namun terkadang pelaksanaan sering kali tidak sesuai dengan target yang kita ingin capai, kata orang sih salah satu penyebab  di atas adalah karena tidak adanya  fokus.

Fokus tidak hanya sebagai slogan semata namun membutuhkan kita untuk ber konsekuensi pada prioritas pilihan dari sekian banyak aktifitas untuk diselesaikan. Misal saja seseorang yang mengerjakan dua pekerjaan sekaligus dalam waktu yang bersamaan tidak akan memberikan hasil maksimal dalam aspek mutu atau kualitas walaupun mungkin saja kuantitas didapatnya.

Fokus hendaknya mengesampingkan hal-hal yang sepele mempengaruhi keseriusan dan kesinambungan proses pekerjaan yang sedang dijalankan untuk diselesaikan.

Fokus juga membutuhkan kita untuk mengeluarkan effort atau enerji lebih dalam mengerjakan suatu proses apapun. Misal saja terpecahnya konsentrasi akibat adanya dua pekerjaan sekaligus dalam waktu bersamaan. Dengan demikian  konsentasi serius dalam penekanan satu proses  pekerjaan amatlah diperlukan dalam memperoleh hasil pekerjaaan yang memiliki kualitas tinggi.

Salah satu keberhasilan fokus dapat ditentukan pula  oleh adanya aspek kecukupan waktu, artinya fokus sangat erat dengan adanya waktu yang berkelanjutan dan berkesinambungan secara intens dalam melakukan satu aktifitas. Fokus dalam waktu mengandung maksud  bahwa apabila suatu pekerjaan telah dimulai maka hendaklah  mengerjakannya secara terus menerus tanpa putus tanpa adanya jeda karena mengerjakan pekerjaan lain yang tidak prioritas.

Fokus berarti juga tidak  menunda-nunda pekerjaan walaupun dengan berbagai alasan tidak dibenarkan seperti yang sering kita dengar "alasan klasik: nanti saja dikerjakannya masih ada waktu yakni hari esok."

Terlebih sudut pandang dalam beribadah maka fokus merupakan perintah dari Allah kepada manusia agar setiap pekerjaan baik yang  mengandung hubungan dengan Allah maupun yang berhubungan muamalah sesama manusia hendaklah dikerjakan dengan sungguh-sungguh (fokus).

Hal ini sesuai dengan firman Allah, artinya:

"Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain," (QS. Al-Insyirah : 7).

Selamat berfokus dan mencobanya

Penulis :  Deni Nuryadin, SE., M.Si (Dosen Ekonomi Islam FEB UHAMKA dan DPS Askrindo Syariah).