Loading...

Askrindo Syariah Hadiri FGD Pemberdayaan UMK Berbasis Pertanahan di Cirebon

08 Juli 2024
Askrindo Syariah Hadiri FGD Pemberdayaan UMK Berbasis Pertanahan di Cirebon

Cirebon, 6 Juli 2024 - Askrindo Syariah bersama Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan tema "Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil (UMK) Berbasis Pertanahan". Acara ini diadakan di Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon, dan dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan serta pelaku UMK.

Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong pemberdayaan UMK melalui optimalisasi pemanfaatan tanah sebagai aset produktif. Dalam sambutannya, perwakilan dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI menyatakan bahwa inisiatif ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui penguatan sektor UMK.

FGD ini menghadirkan sejumlah narasumber dari berbagai bidang, termasuk ahli pertanahan, praktisi ekonomi, dan perwakilan dari Askrindo Syariah. Mereka membahas berbagai topik terkait pemanfaatan tanah untuk pengembangan usaha mikro dan kecil, termasuk strategi pemanfaatan tanah, legalitas, serta peluang dan tantangan yang dihadapi oleh pelaku UMK.

Dalam diskusi, para peserta mengidentifikasi sejumlah tantangan yang masih dihadapi oleh UMK, seperti akses terhadap pembiayaan, keterbatasan pengetahuan tentang pengelolaan tanah, dan regulasi yang kompleks. Namun demikian, mereka juga optimis bahwa dengan kolaborasi antara pemerintah, lembaga keuangan, dan akademisi, tantangan-tantangan tersebut dapat diatasi.

Askrindo Syariah sendiri menegaskan komitmennya untuk terus mendukung pemberdayaan UMK di Indonesia. Melalui produk-produk dan layanan syariah yang mereka tawarkan, diharapkan dapat membantu UMK untuk tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan.

Acara yang berlangsung sepanjang hari ini ditutup dengan sesi tanya jawab interaktif, di mana para peserta dapat langsung berkonsultasi dengan para ahli. Dengan kesuksesan pelaksanaan FGD ini, diharapkan dapat menjadi langkah awal yang positif dalam upaya pemberdayaan UMK berbasis pertanahan di Kota Cirebon dan daerah lainnya di Indonesia.

Share this article

Berita Terkait

19 Juli 2024
Berita
Askrindo Syariah Peringati 4 Tahun Core Values AKHLAK
Jakarta, 19 Juli 2024 – PT Jaminan Pembiayaan Askrindo Syariah (Askrindo Syariah) merayakan peringatan 4 tahun implementasi core values AKHLAK sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk ...
18 Juli 2024
Berita
Askrindo Syariah Hadiri Acara Pembukaan Festival UMi 2024
Jakarta, 18 Juli 2024 – Askrindo Syariah turut menghadiri acara pembukaan Festival Ultra Mikro (UMi) 2024 yang digelar oleh Pusat Investasi Pemerintah (PIP). Acara yang berlangsung pada tanggal ...
12 Juli 2024
Berita
Membangun Branding Perusahaan Penjaminan Syariah di Indonesia
Perusahaan penjaminan syariah di Indonesia memainkan peran penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan memberikan akses pembiayaan yang lebih luas bagi pelaku usaha, terutama UMKM. Namun, ...
11 Juli 2024
Berita
Askrindo Syariah Laksanakan Sosialisasi dan Edukasi Penjaminan Produk KUR Syariah
Surabaya, 10 Juli 2024 - Askrindo Syariah mengadakan acara sosialisasi dan edukasi terkait penjaminan produk Kredit Usaha Rakyat (KUR) Syariah di Kantor Wilayah Pegadaian Surabaya. Acara ini ...